Wednesday, October 12, 2005
M A N F A A T P U A S A
SEHAT LAHIR BATHIN

Puasa Ramadan yang dikerjakan sesuai aturan akan menyehatkan jasmani dan rohani pelakunya. Manfaat kesehatan puasa itu antara lain:

*Memberikan kesempatan bagi alat pencernaan untuk beristirahat.
*Membebaskan tubuh dari racun, kotoran, dan ampas yang merusak kesehatan.
*Memblokir makanan untuk bakteri, virus, dan sel kanker sehingga kuman-kuman tersebut tidak bisa bertahan hidup.
*Menambah jumlah sel darah putih dan meningkatkan daya tahan tubuh. Pada minggu pertama puasa belum ditemukan pertumbuhan sel darah putih. Namun, mulai hari ketujuh (minggu kedua), penambahan sel darah putih pesat sekali. Darah putih merupakan unsur utama dalam sistem pertahanan tubuh.
* Menyeimbangkan kadar asam dan basa dalam tubuh.
*Memperbaiki fungsi hormon yang diperlukan dalam berbagai proses fisiologis dan biokimia tubuh. Hormon dikeluarkan oleh kelenjar endokrin dan hipofisis sebagai reaksi tubuh terhadap berbagai tekanan dan stres lingkungan. Kekurangan atau kelebihan produksi hormon tertentu akan berdampak buruk pada kesehatan tubuh.

Misal ketika mengalami stres, hormon insulin dan adrenalin yang mengatur waktu lapar terganggu sehingga nafsu makan hilang atau bahkan datang lebih cepat. Kekurangan produksi hormon insulin berakibat munculnya penyakit diabetes, sedangkan bila berlebihan tubuh akan menderita hiperglikemia. Pada saat puasa orang akan bersabar dan berusaha menahan amarah dan senantiasa pasrah pada Tuhan.
Hal itu akan membuat fungsi hormon berjalan normal sehingga irama hidup lebih harmonis.


MEREMAJAKAN SEL-SEL TUBUH

Ketika kita berpuasa, organ tubuh berada pada posisi rileks, sehingga mempunyai kesempatan untuk memperbarui sel-selnya.
Meningkatkan fungsi organ tubuh. Puasa akan memberikan rangsangan terhadap seluruh sel, jaringan, dan organ tubuh. Efek rangsangan ini akan menghasilkan, memulihkan, dan meningkatkan fungsi organ sesuai fungsi fisiologisnya, misalnya panca indra menjadi lebih tajam. Puasa meningkatkan fungsi organ reproduksi. Hal ini terkait dengan peremajaan sel-sel yang berpengaruh pada sel-sel urogenitalis dan alat-alat reproduksi lainnya. Hormon yang berkaitan dengan masalah perilaku seksual tidak hanya dihasilkan oleh organ indung telur (estrogen) dan testis (testosteron), tetapi juga oleh kelenjar hipofisis.


KUALITAS TETAP

Selain makan dan minum, mereka yang berpuasa tidak diperbolehkan melakukan hubungan suami-istri pada waktu siang hari selama bulan puasa Ramadan. Keadaan tersebut dikhawatirkan akan menurunkan kualitas sperma. Namun, hasil penelitian menunjukkan bahwa kekhawatiran tersebut tidak perlu terjadi. Sebab, pria yang melaksanakan puasa Ramadan ternyata tidak berkurang kualitas spermanya.
Hal itu terungkap dalam hasil penelitian Endang Purwoningsih (1994) dari Fakultas Kedokteran Yarsi, Jakarta. Sebanyak 28 orang pria sehat (normozoosperma) dan memenuhi kriteria yang telah ditentukan terlibat sebagai sampel penelitian.

Semen (sperma) sampel diambil dengan ketentuan setelah absen paling sedikit tiga hari dari pengeluaran semen terakhir. Pengambilan semen dilakukan dalam empat periode, yaitu pada bulan Syaban, sebelum puasa; hari ke-15 dan ke-25, saat puasa Ramadan; dan pada bulan Syawal, setelah puasa.

Indikator kualitas sperma yang diamati adalah volume semen (ml), motilitas (persentase sperma yang bergerak), viabilitas (persentase sperma yang bertahan hidup selama 24 jam), dan jumlah total sperma per ejakulasi pada setiap periode. Hasilnya dianalisis secara statistik untuk mengetahui pengaruh puasa Ramadan terhadap kualitas sperma sampel.
Dari data dan hasil analisis statistik diketahui bahwa puasa Ramadan berpengaruh terhadap beberapa parameter kualitas sperma sampel.
Terjadi peningkatan volume semen, viabilitas, dan jumlah total spermatozoa pada saat puasa. Sementara itu, motilitas sperma tidak menunjukkan perbedaan antara sebelum, selama, dan sesudah berpuasa Ramadan.


Berdasarkan data di atas, dapat disimpulkan bahwa berpuasa tidak menurunkan kualitas sperma individu yang sehat dan normozoosperma, sehingga tidak mengurangi kemungkinan terjadinya konsepsi pada hubungan suami istri.

* * * *
Hatur nuhun abahkasep kana partisipasina.
Wilujeng didamel.


*Nn.
posted by Chaerani @ 2:03 PM  

0 Comments:
Post a Comment
<< Home
 
 
about me

Greeny Chaerani
Name::Chaerani
From::jakarta, Indonesia
View my complete profile
loving n caring

Udah Lewat
Archives
Best Quotes
Shoutbox

Name :
Web URL :
Message :

.

Greeny Voices


Buttons 'n Banners

Get My Button
Greeny Chaerani
Code is Here

Subscribe Me
My 360 blog Greeny Chaerani
Blog Directory & Search engine Blogwise - blog directory

Cool Portal
Mau bikin E-Gold?Alat Transaksi online yg Aman
Blingo
  

Links
F.r.i.e.n.d.S

Affiliates



Who links to me?

IKLAN


Peduli Jogja & Jateng

Jogja Update


$1 For Palestine

DUKUNG RUU APP

© 2004 nununchaerani.blogspot.com

 

 

About Kampanye Damai Indonesia 2009 Kampanye Damai Pemilu Indonesia 2009 Pemilu Damai 2009