Friday, April 07, 2006
### C O K E L A T ###

PEMBANGKIT GAIRAH HIDUP
Selain rasanya lezat, cokelat juga punya daya tarik psikologis.
Coba ingat, saat diberi hadiah cokelat, tidakkah akan timbul perasaan senang? Itu belum seberapa. Gokelat makanan yang sudah dikenal sejak zaman kebudayaan Aztek (di Mexico
abad ke 4 Masehi) ini, masih punya segudang manfaat lainnya.

SIMBOL KEHIDUPAN DAN KESUBURAN
Cokelat yang berasal dari biji cokelat, theobroma cacao, dipercaya menghasilkan energi hebat dan menambah kekuatan seksual. Tak mengherankan dalam upacara perkawinan pada saat itu, minuman cokelat selalu disajikan.
Kaisar Aztek, Montezuma, mengonsumsi minuman cokelat 50 gelas setiap harinya (meskipun rasanya pait), karena percaya cokelat bersifat afrodisiak, dapat membangkitkan gairah sex. Montezuma selalu meminumnya sebelum bercumbu dengan para kekasihnya.

Suku Aztec juga menggunakan cokelat untuk pengobatan. Caranya dengan mencampurkan cokelat dengan tulang belulang leluhur mereka. Obat cokelat ini dipercaya dapat menyembuhkan penyakit seperti sakit perur dan diare.
Pada masa peradaban Maya (masih di Mexico), biji coklat diabadikan dalam relief batu sebagai simbol kehidupan dan kesuburan. Cokelat juga dikenal sebagai makanan para dewa .
Bangsa Maya mengolah biji cokelat yang pait menjadi minuman mewah. Minuman ini disajikan pada saat upacara keagamaan yang khidmat.
Untuk memperkaya rasa, biasanya ditambahkan beberapa jenis bumbu rempah. Yang paling sering ditambahkan adalah cabai pedas.

Suku Maya juga sering menggunakan hasil olahan buah cokelat untuk pengobatan. Para tabibnya menggunakan cokelat sebagai obat perangsang ( stimulan) sekaligus sebagai penenang. Para serdadu kerajaan sering menggunakan cokelat sebagai minuman untuk meningkatkan energi. Selain itu mentega cokelatnya digunakan juga sebagai olesan untuk menyembuhkan luka pada kulit.

Seorang ahli pengobatan dari Italia, Stephani Blancardi (1650 - 1702) punya pendapat lain tentang cokelat. Ia berkomentar bahwa cokelat tidak hanya memiliki rasa yang lezat dan harum, tapi juga dapat merawat kelenjar-kelenjar yang ada didalam mulut sehingga nafas tetap segar.


~ ~ ~ ~ ~ ~ B e r s a m b u n g

Penulisan berikutnya >>> COKELAT DIABAD MODERN


#####
*Nn.

posted by Chaerani @ 4:11 PM  

0 Comments:
Post a Comment
<< Home
 
 
about me

Greeny Chaerani
Name::Chaerani
From::jakarta, Indonesia
View my complete profile
loving n caring

Udah Lewat
Archives
Best Quotes
Shoutbox

Name :
Web URL :
Message :

.

Greeny Voices


Buttons 'n Banners

Get My Button
Greeny Chaerani
Code is Here

Subscribe Me
My 360 blog Greeny Chaerani
Blog Directory & Search engine Blogwise - blog directory

Cool Portal
Mau bikin E-Gold?Alat Transaksi online yg Aman
Blingo
  

Links
F.r.i.e.n.d.S

Affiliates



Who links to me?

IKLAN


Peduli Jogja & Jateng

Jogja Update


$1 For Palestine

DUKUNG RUU APP

© 2004 nununchaerani.blogspot.com

 

 

About Kampanye Damai Indonesia 2009 Kampanye Damai Pemilu Indonesia 2009 Pemilu Damai 2009