Thursday, June 22, 2006
KITA BERTANYA ~ QUR'AN MENJAWAB
KITA BERTANYA : KENAPA AKU DIUJI?

QURAN MENJAWAB :

"Apakah manusia itu mengira bahwa mereka dibiarkan saja mengatakan;"Kami telah beriman," ("I am full of faith to Allah") sedangkan mereka tidak diuji? Dan sesungguhnya Kami telah menguji orang2 yang sebelum mereka, maka sesungguhnya Allah mengetahui orang2 yang benar dan sesungguhnya Dia mengetahui orang2 yang dusta."(Surah Al-Ankabut ayat 2-3)

KITA BERTANYA : KENAPA AKU TAK DAPAT APA YG AKU IDAM-IDAMKAN?

QURAN MENJAWAB :

"Boleh jadi kamu membenci sesuatu padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi pula kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu, Allah mengetahui sedang kamu tidak mengetahui."(Surah Al-Baqarah ayat 216)


KITA BERTANYA : KENAPA UJIAN SEBERAT INI?

QURAN MENJAWAB :

"Allah tidak membebani seseorang itu melainkan sesuai dengan kesanggupannya."(Surah Al-Baqarah ayat 286)


KITA BERTANYA : KENAPA RASA FRUSTASI?

QURAN MENJAWAB :

"Janganlah kamu bersikap lemah, dan janganlah pula kamu bersedih hati, padahal kamulah orang2 yang paling tinggi derajatnya, jika kamu orangg2 yang beriman."(Surah Al-Imran ayat 139)



b e r s a m b u n g


~~~~~~~~~~~~~~
*Nn.
posted by Chaerani @ 8:25 AM  

6 Comments:
  • At 11:20 AM, Anonymous al kifah said…

    Subhanalla... model tulisan yang bagus :)

    Ada tambahan pertanyaan nih, Mba.

    "Mengapa di Indoneisa rakyatnya miskin-miskin, beban hidup masyarakat melangit, pergaulan bebas semakin marak, kriminalitas kian meningkat, KKN terus membudaya, ketimpangan hukum sering terjadi, pemimpin bangsa tidak amanah dan privatisasi aset-aset negara yg tak terbendung? " ;)

     
  • At 3:55 PM, Blogger Chaerani said…

    hmm... pertanyaan yang sebenarnya ada dalam benak saya.Yang tentunya sangat sukar untuk mendapatkan jawabannya, terutama dari saya
    yang minim ilmu pengetahuan , baik ilmu dunia maupun ilmu akhirat.
    Apakah mungkin ini dikarenakan hidup yang tidak islami?
    Bagaimana menurut akhi?

     
  • At 7:24 PM, Blogger Sisca said…

    Perincian dalam kitap suci,membuat mata kita melihat lebih jernih..

    Terima kasih atas sdh menulisnya disini :)

     
  • At 8:32 PM, Anonymous al kifah said…

    Ukh Caherani bilang :

    "hmm... pertanyaan yang sebenarnya ada dalam benak saya.Yang tentunya sangat sukar untuk mendapatkan jawabannya, terutama dari saya yang minim ilmu pengetahuan , baik ilmu dunia maupun ilmu akhirat. Apakah mungkin ini dikarenakan hidup yang tidak islami? Bagaimana menurut akhi?"

    Al Kifah berkomentar :

    Ukhti, saya pun sebenarnya tidak begitu berkompeten dalam menjawab perkara ini. Namun, itulah realita yang acapkali membuat saya bingung saat masyarakat bertanya kenapa bisa sampai sedemikian.

    Sebagaimana tema yang sedang Ukh angkat di atas, saya pun sangat berkeyakinan bahwa Allah swt. sudah memberikan pedoman bagi manusia bagaimana cara kita untuk dapat mencapai kebahagiaan di dunia ini maupun di akhirat kelak.

    Pedoman itu adalah Al-Qur'an dan As-Sunnah! Dengan pedoman hidup ini, risalah Islam tersebut mampu menyelesaikan seluruh problematika yang ada. Meliputi seluruh problematika interaksi di dalam negara dan masyarakat; baik dalam perkara personal, masalah pemerintahan, ekonomi, sosial budaya, teknologi, pendidikan maupun politik.

    Subhanallah, selain keunggulan sistem Islam tak satu pun yang dapat menandingi, kekuatannya pun sebenarnya juga tak ada yang mampu mengimbangi. Namun, kesempurnaan dan keagungan Islam ini tidak akan dapat terindera kecuali ada institusi yang menopang pelaksanaan syari’at-Nya secara sempurna dan ada suatu institusi yang dapat melanjutkan kehidupan Islam secara total. Untuk itu, perjuangan demi tegaknya Daulah Khilafah Islam adalah kemestian bagi kita. Artinya, medan dakwah harus kita terjuni dengan cara yang baik dan tanpa kekerasan!

    Menurut saya wahai Ukhti, penyabab krisis yang dimaksud di atas justru karena negara kita sendiri yang tidak mau bangkit. Sehingga wajar kita begini terus. Apalagi intervensi asing juga sering kita jumpai melalui produk UU yang ada (misal: UU Migas, UU air, UU listrik, dll); maupun dalam wujud intervensi lainnya (seperti budaya, ekonomi, dsb). Untuk itu, sudah seharusnya Indonesia bangkit. Iya kan, Mba? Pertanyaan kemudian adalah kebangkitan yang seperti apa?

    Hakikat kebangkitan adalah meningkatnya taraf berfikir seseorang atau suatu bangsa. Peningkatan taraf berfikir itu hanya akan diperoleh jika suatu umat atau bangsa memeluk ide atau pemikiran yang satu; pemikiran yang paling mendasar, menyeluruh, dan mampu menggerakkan akal dan jiwa manusia.

    Kapan kebangkitan Islam akan diraih? Tentu setelah pemikiran umat dibersihkan dari pola fikir kufur yang sekular, lalu ditanamkan pemikiran Islam yang aturannya begitu lengkap dan sempurna. Inilah tugas umat Islam di mana pun berada; yaitu mengupayakan agar masyarakat memiliki pola fikir dan kepribadian Islami tuk sama-sama berjuang demi tegaknya hukum-hukum Islam sebagai satu-satunya jalan menuju kebangkitan.

    Kita, kaum Muslim, bertanggung jawab untuk bangkit dari keterpurukan yang kita indera selama ini. Salah satu wujud kongkritnya adalah dengan mengganti sistem lama kepada sistem yang mampu menyelesaikan masalah kehidupan (ekonomi, politik, sosial-budaya) secara obyektif dan produktif. Itulah solusi Islam.

    Akan tetapi, dalam menapaki jalan perjuangannya, dakwah Rasul wajib kita jadikan sebagai satu-satunya pedoman. Selain karena kewajiban, terbukti pula hanya dengan metode beliau lah Islam saat itu -selama berabad-abad- dapat bangkit dengan kejayaannya memimpin dunia. Bahkan kepemimpinan tersebut terus dilanjutkan oleh umat Islam saat Daulah Khilafah Islamiyah memimpin peradaban.

    Perjuangan di masa Rasulullah saw, sebenarnya sama saja hakikatnya pada konteks zaman modern dewasa ini. Yang membedakan hanya sarana dan bentuknya saja. Karena hakikat kehidupan itu tetap sama. Dengan begitu, dakwah Rasulullah saw. masih sangat relevan untuk kita jadikan sebagai acuan.

    Dalam sebuah hadistnya, Rasulullah saw bersabda: Islam itu tinggi dan tidak ada yang lebih tinggi daripadanya.

    Semoga optimisme ini bisa menjadi pemicu bagi kaum Muslim –dimana pun berada- tuk segera bangkit dalam menyongsong tegaknya Daulah Khilafah Islamiyah yang perkasa.

    Persoalan kemudian adalah apakah kaum Muslim menyadari potensi ini sehingga mau berjuang membangun institusi Khilafah yang pasti akan berdiri?

    Oleh karena itu, hal paling mendasar yang menjadi tanggung jawab umat Islam saat ini adalah berjuang untuk mewujudkan dan menerapkan sistem aturan yang telah ditentukan oleh Allah swt.. Tentu dengan cara yang santun dan bijak tanpa kekerasan pula.

    Mari kita retas jalan perjuangan dakwah seraya berikhtiar dan berdo’a agar tujuan umat Islam menuju Baldatun Thayyibatun warabbun ghafur (negeri yang baik yang penuh dengan ampunan Allah) dapat terwujud di muka bumi ini. InsyaAllah! :)

     
  • At 9:58 PM, Blogger Chaerani said…

    untuk sisca : terima kasih commentnya.

    untuk al-kifah ; terima kasih penjelasan yang begitu mendetail.

    Semoga negeri tercinta
    I n d o n e s i a menuju Era Kejayaan yang telah lama kita tunggu bersama tentunya di jalan yang di ridhoiNYA.
    Amin.

    Amin [-o<

     
  • At 6:28 AM, Anonymous Fz said…

    Neng Nunun bilang:
    Semoga negeri tercinta
    I n d o n e s i a menuju Era Kejayaan yang telah lama kita tunggu bersama tentunya di jalan yang di ridhoiNYA.
    Amin.

    Saya juga ikut menambah:
    Amiinnnnnnnnnnn, semoga yg neng Nunun bilang di dengar oleh Allah SWT. Terutama kepada rakyat Indonesia yg belum mencicipi kejayaan negara Indonesia semenjak merdeka.

     
Post a Comment
<< Home
 
 
about me

Greeny Chaerani
Name::Chaerani
From::jakarta, Indonesia
View my complete profile
loving n caring

Udah Lewat
Archives
Best Quotes
Shoutbox

Name :
Web URL :
Message :

.

Greeny Voices


Buttons 'n Banners

Get My Button
Greeny Chaerani
Code is Here

Subscribe Me
My 360 blog Greeny Chaerani
Blog Directory & Search engine Blogwise - blog directory

Cool Portal
Mau bikin E-Gold?Alat Transaksi online yg Aman
Blingo
  

Links
F.r.i.e.n.d.S

Affiliates



Who links to me?

IKLAN


Peduli Jogja & Jateng

Jogja Update


$1 For Palestine

DUKUNG RUU APP

© 2004 nununchaerani.blogspot.com

 

 

About Kampanye Damai Indonesia 2009 Kampanye Damai Pemilu Indonesia 2009 Pemilu Damai 2009