Tuesday, September 19, 2006
~~~ ANUGRAH ( PAMUNGKAS) ~~~
6.KETIDAK BERHASILAN dan KEGAGALAN

Umumnya manusia menyebut HASIL yang tidak memenuhi target capaiannya sebagai "kegagalan". Pada hakekatnya berlaku sunatullah bahwa setiap usaha pasti membuahkan hasil. Hasil yang diperoleh seseorang pasti setara dengan upaya-upaya lahir-bathin yang dilakukannya. Menyikapi HASIL yang tidak sesuai dengan harapan yang biasa disebut kegagalan, alih-alih beryukur, manusia umumnya kecewa, frustrasi dan memandang "kegagalan" tersebut sebagai musibah.

Hal itu terjadi karena disadari atau tidak manusia menganggap bahwa "HASIL" terwujud berkat usahanya dan bukan sebagai ANUGRAH ALLAH SWT.
Islam mengajarkan bahwa manusia diwajibkan untuk berusaha dan berjuang untuk mencapai cita-citanya, namun HASIL yang didapat sepenuhnya adalah wewenang Allah sebagai anugrah atas jerih payah dan perjuangan yang dilakukan yang bersangkutan dalam mencapai cita-citanya.

Surat17 ( Al-Isra ayat 18-20) :: "Barangsiapa yang menghendaki Kehidupan Sementara ini, Kami berikan sekarang juga, berapa saja Kami kehendaki dan kepada siapa saja yang Kami sukai. Kemudian Kami sediakan baginya Neraka yang akan membakarnya sebagai orang yang nista dan terbuang. Dan siapa yang menghendaki kehidupan Akhirat, dia berjuang dengan gigih untuk mencapai cita-citanya sebagai seorang Mukmin, maka mereka itu adalah orang-orang yang terpuji. Kepada masing-masing golongan, baik golongan ini maupun golongan itu, Kami limpahi terus Karunia dari Tuhanmu. Karunia Tuhanmu itu diberikan tanpa pilih bulu".

Bagi mereka yang menyadari bahwa Allah pasti menganugrahkan HASIL setara dengan usaha yang dilakukan manusia, baik terhadap golongan manusia beriman maupun terhadap golongan manusia ingkar, maka apapun hasil yang diperolehnya, adalah sebuah ANUGRAH Allah SWT yang diberikan secara tepat dan adil.
Terhadap manusia mukmin, Allah yang Mahamengetahui, sangat peduli dan senantiasa berkehendak memberikan yang terbaik baginya.

Oleh sebab itu, wajar sekali apabila "hasil" yang diharapkan seorang mukmin dengan melakukan sebuah upaya maksimal tsb diketahui Allah Yang Mahamengetahui justru akan berdampak negatif bagi yang bersangkutan, maka Allah menuntun yang bersangkutan menjauhi "keberhasilan semu" tersebut dan mengantarkannya pada "HASIL" lain yang lebih bermaslahat bagi ybs.

Dari kacamata dan definisi lahiriah manusia, wajar jika ketidak sesuaian "hasil" tersebut sebagai "kegagalan", namun sesungguhnya "kegagalan" tersebut adalah anugrah Allah SWT yang didasari oleh cinta kasih-Nya, dan menuntunnya menuju kesuksesan yang diridlai-Nya sesuai amal ibadah yang dilakukannya.

Semua yang dikemukakan diatas, tentu belum sepenuhnya mampu menggambarkan berbagai anugrah dan nikmat yang sesungguhnya terkandung dalam setiap qadar Allah SWT terhadap manusia. Namun, dari yang hanya sekelumit tersebut diatas, mudah-mudahan kita semua lebih memahami bahwa, Subhanallah, Allah tak henti-hentinya menganugrahi manusia dengan berbagai limpahan rakhmat-Nya, meskipun akibat kebodohan manusia sendiri, sering tidak mengetahuinya, tidak menyadarinya bahkan terkadang menganggap Beliau sedang mengazab kita, menilai anugrah-Nya sebagai hukuman-Nya. Marilah kita senantiasa khusnuzon pada Allah, bergantung, berserah diri, bertawakal, bersabar dan bersyukur atas setiap qadar yang diamanahkannya pada kita semua. Amin.



*KAB/Nn.
posted by Chaerani @ 8:40 PM  

2 Comments:
  • At 11:26 PM, Blogger Sisca said…

    Selalu ada hikmah disetiap peristiwa yg kita lalui..

    dan Allah sdh mengatur yg terbaik untuk kita semua.

     
  • At 4:20 AM, Anonymous thuns said…

    masih aktif kok mbak...
    gak aku utak atik ;)

     
Post a Comment
<< Home
 
 
about me

Greeny Chaerani
Name::Chaerani
From::jakarta, Indonesia
View my complete profile
loving n caring

Udah Lewat
Archives
Best Quotes
Shoutbox

Name :
Web URL :
Message :

.

Greeny Voices


Buttons 'n Banners

Get My Button
Greeny Chaerani
Code is Here

Subscribe Me
My 360 blog Greeny Chaerani
Blog Directory & Search engine Blogwise - blog directory

Cool Portal
Mau bikin E-Gold?Alat Transaksi online yg Aman
Blingo
  

Links
F.r.i.e.n.d.S

Affiliates



Who links to me?

IKLAN


Peduli Jogja & Jateng

Jogja Update


$1 For Palestine

DUKUNG RUU APP

© 2004 nununchaerani.blogspot.com

 

 

About Kampanye Damai Indonesia 2009 Kampanye Damai Pemilu Indonesia 2009 Pemilu Damai 2009