Sunday, September 17, 2006
~~~ A N U G R A H (BAGIAN 3 ) ~~~
4 PENDERITAAN dan KESEMPITAN HIDUP

Penderitaan dan kesempitan dalam hidup biasa dipandang manusia sebagai musibah bahkan azab Tuhan. Meskipun kaum muslimin yang beriman terhadap Allah menyatakan "iman" terhadap firman Allah bahwa "Tuhan menguji manusia dengan kelapangan dan kesempitan agar manusia senantiasa bertaqwa, shabar dan bersyukur pada-Nya" saat mendapat kelapangan maupun kesempitan, sangat sedikit warga muslim yang bersyukur tatkala mendapat ujian berupa kesempitan hidup.

Khalifah Umar ibn Khattab RA pernah berkata : "Aku lebih suka mendapat ujian hidup berupa kesempitan dibanding dengan kelapangan".

"Dengan kesempitan hidup, aku bisa bershabar dan mudah mensyukuri nikmat-NYA sedangkan dalam kelapangan hidup, betapa sulit aku bershabar". Khalifah Umar sangat memahami bahwa bershabar adalah perbuatan sangat terpuji dan mendapat tempat mulia di sisi Allah SWT. Selain itu, hanya dengan menciptakan rasa ikhlas dalam menjalani qadar kesempitan dari Allah, seseorang serta-merta masuk dalam golongan kaum mukhlisin.

Siapapun yang menyadari dirinya mampu menjalani ujian Allah dengan shabar dan tawakal, pasti ia akan sangat beryukur atas kekuatan yang diberikan Allah SWT, dan memandang “sekecil apapun” perubahan positif dalam hidupnya sebagai anugrah tak terhingga bagi dirinya. "Shabar" selaku bagian tak terpisahkan dari setiap kesempitan dan penderitaan, pada hakekatnya adalah pengumpul "credit point" utama dalam ibadah kepada Allah.

Allah menjadikan Nabi Ibrahim sebagai “kekasih Allah” tiada lain karena keshabaran dan ketaqwaan beliau terhadap Allah. (Perhatikan bacaan tahiyat : “Allohuma shali ala Muhammad wa ala ali Muhammad kama sholaita ala Ibrahim wa ala ali Ibrahim, wa barik ala Muhammad wa ala ali Muhammad kama barakta ala Ibrahim wa ala ali Ibrahim).

Sementara itu, dalam kelapangan hidup manusia umumnya akan lebih sulit menemukan momentum yang menjadikan seseorang bershabar pada Allah.
Itu sebabnya, Khalifah Umar ibn Khattab RA yang sangat memahami hal tersebut, lebih suka dan lebih bersyukur manakala mendapat ujian berupa kesempitan dan "penderitaan" dibanding menghadapi ujian kelapangan.


8. RASA MALU

Rasa malu yang bersemayam dalam hati manusia, sesungguhnya anugrah Allah yang tak ternilai agar manusia senantiasa menghindari perbuatan tercela yang dapat menjerumuskan dirinya ke lembah nista. Rasa malu akan mendorong seseorang untuk "menutup sekujur tubuhnya" dengan "pakaian taqwa".

Tanpa rasa malu, seseorang akan merasa wajar-wajar saja melakukan berbagai tindakan tercela.

Dalam kehidupan sehari-hari, manusia cenderung keliru menempatkan rasa malu yang ditiupkan Allah kedalam jiwa manusia. Manusia umumnya merasa malu menjalani kehidupan yang "berbeda" dengan yang "kebanyakan" dijalani manusia-manusia lainnya, meskipun gaya hidup mayoritas manusia tersebut justru bertentangan dengan ajaran Allah SWT.

Mengenai hal itu, Rasulullah pernah bersabda yang bunyinya kurang lebih sbb : "Pada mulanya Islam dipandang asing, setelah itu Islam akan kembali menjadi asing, dan berbahagialah orang yang tetap asing".
Hadits Rasulullah tersebut menggambarkan bahwa, pada awalnya pola hidup Islam dipandang "asing" oleh kaum jahiliyah karena berbeda dengan gaya hidup mereka saat itu. Setelah jaman jahiliah di masa Rasulullah berakhir, ditenggarai datangnya generasi/jaman yang memandang nilai-nilai Islam sebagai sesuatu yang "asing"dibandingkan dengan nilai-nilai "universal" yang mereka anut. Dan, Rasulullah mengingatkan bahwa berbahagialah orang-orang yang tetap teguh berpegang pada nilai-nilai Islami meskipun mayoritas menganggapnya asing.


~~~~~~ b e r s a a m b u n g

*KAB/Nn.
posted by Chaerani @ 9:15 PM  

1 Comments:
  • At 11:29 PM, Blogger Sisca said…

    Sering kita dengar bahwa rasa malu, adalah sebagian dari iman juga.


    Serasa dpt pencerahan bertubi2 disini...hijau dan damai..

     
Post a Comment
<< Home
 
 
about me

Greeny Chaerani
Name::Chaerani
From::jakarta, Indonesia
View my complete profile
loving n caring

Udah Lewat
Archives
Best Quotes
Shoutbox

Name :
Web URL :
Message :

.

Greeny Voices


Buttons 'n Banners

Get My Button
Greeny Chaerani
Code is Here

Subscribe Me
My 360 blog Greeny Chaerani
Blog Directory & Search engine Blogwise - blog directory

Cool Portal
Mau bikin E-Gold?Alat Transaksi online yg Aman
Blingo
  

Links
F.r.i.e.n.d.S

Affiliates



Who links to me?

IKLAN


Peduli Jogja & Jateng

Jogja Update


$1 For Palestine

DUKUNG RUU APP

© 2004 nununchaerani.blogspot.com

 

 

About Kampanye Damai Indonesia 2009 Kampanye Damai Pemilu Indonesia 2009 Pemilu Damai 2009