Thursday, December 21, 2006
IKHLAS MENERIMA DAN IKHLAS MEMBERI (3)
Saya jadi teringat firman Allah yang intinya menyatakan "Mungkin engkau sangat menginginkan sesuatu, padahal sesungguhnya hal itu tidak baik bagimu, dan mungkin engkau tidak menyukai sesuatu padahal sesungguhnya ia sangat baik dan bermanfaat bagimu. Aku mengetahui sedangkan engkau tidak mengetahuinya".

Saya pikir, jika kita menerima sesuatu yang memang kita sukai dan inginkan, pemberian tersebut mungkin akan membuat kita bersyukur pada si pemberi dan Allah swt, selanjutnya kita menikmatinya dan ceriteranya habis sampai disitu.

Jika kita menerima sesuatu yang tidak kita butuhkan/inginkan dengan ikhlas, kemudian dengan ikhlas pula kita hadiahkan kepada orang lain yang lebih membutuhkan, insyaAllah kita melakukan dua kebaikan sekaligus yaitu, bersyukur atas pemberian-Nya dan melakukan sedekah/wakaf terhadap orang lain yang membutuhkannya. Rasa syukur orang yang kita beri adalah karunia tak ternilai dan selama barang tersebut terus memberikan manfaat pada orang itu, wakaf tersebut tak putus mengalirkan pahala-Nya pada kita.

Dikaitkan dengan "kebiasaan" manusia yang cenderung mau memberikan sesuatu karena tidak membutuhkannya, saya terkejut menyadari bahwa peluang untuk berbuat baik pada sesama, justru menjadi lebih besar ketika kita menerima sesuatu yang tidak kita perlukan apabila kita menyikapinya dengan benar. Segala sesuatu yang kita inginkan, umumnya langsung kita gunakan dan kita nikmati sendiri.

Sehubungan dengan itu, betapa benar bahwa apapun yang kita terima, baik yang kita harapkan maupun tidak kita inginkan, dalam bentuk materi ataupun qadar kehidupan, harus senantiasa kita terima dengan ikhlas, kita syukuri dan sikapi dengan benar sehingga menjadi manfaat tak ternilai bagi kita.

Yakinlah bahwa Allah tidak menciptakan segala sesuatu (mahluk maupun qadar) dengan sia-sia dan secara kebetulan, dan Allah senantiasa menciptakan segala sesuatu serta menyempurnakannya, demi kebaikan umat-Nya, sebagaimana difirmankan Allah dalam al-Qur'an antara lain dalam surat Al-A'la ayat 2-5.



~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~
*Nn.KAB
posted by Chaerani @ 10:45 AM  

0 Comments:
Post a Comment
<< Home
 
 
about me

Greeny Chaerani
Name::Chaerani
From::jakarta, Indonesia
View my complete profile
loving n caring

Udah Lewat
Archives
Best Quotes
Shoutbox

Name :
Web URL :
Message :

.

Greeny Voices


Buttons 'n Banners

Get My Button
Greeny Chaerani
Code is Here

Subscribe Me
My 360 blog Greeny Chaerani
Blog Directory & Search engine Blogwise - blog directory

Cool Portal
Mau bikin E-Gold?Alat Transaksi online yg Aman
Blingo
  

Links
F.r.i.e.n.d.S

Affiliates



Who links to me?

IKLAN


Peduli Jogja & Jateng

Jogja Update


$1 For Palestine

DUKUNG RUU APP

© 2004 nununchaerani.blogspot.com

 

 

About Kampanye Damai Indonesia 2009 Kampanye Damai Pemilu Indonesia 2009 Pemilu Damai 2009