Friday, May 11, 2007
SAKIT HATI dan TERANIAYA
Ketika remaja, saya pernah merasa sangat "sakit hati" kepada seorang teman, sampai-sampai saya berdoa kepada Tuhan agar kepadanya diturunkan "balasan yang setimpal".
"Sakit hati tersebut muncul gara-gara dia menyebut saya "calon ahli neraka jahannam" dan kepada saya selalu dilantunkan syair yang kalau tak keliru bunyinya : " Man taroka sholatan homsi,man tanu taamidan, fajadza uhum, fajadza uhum, jahannam kholidan biha" (maksudnya,barang siapa meninggalkan shalat 5 waktu dengan sengaja, pasti dibalas, dimasukkan dalam neraka jahannam selama-lamanya).

Meskipun selaku remaja saya memang kerap mengabaikan shalat,tetapi saya betul-betul sakit hati di "cap" sebagai calon ahli neraka jahannam olehnya.

Sepuluh tahun kemudian saya berjumpa dengannya,kehidupannya tidak semakmur saya. Ia juga masih tinggal di kampung bekerja seada-adanya. Saya merasa bersalah, dan terpikir mungkin nasibnya tak lepas dari doa saya dulu, karena konon doa orang teraniaya pasti dikabulkan Allah. Terpikir hal tersebut, dengan sepenuh hati saya segera meminta maaf padanya.

Sang teman tertawa dan ia juga minta maaf atas sikap dan ucapannya dulu. Selanjutnya ia mengatakan, "Jangan khawatir, saya yakin kehidupan yang dijalaninya sekarang bukan karena doa kamu yang sakit hati pada saya. Mungkin benar bahwa saat itu kamu betul-betul merasa sakit hati pada saya hingga kamu berdoa seperti itu untuk saya, tapi Allah Maha Tahu dan Allah adalah Hakim yang Maha Adil. Beliau menjadikan segala sesuatu semata-mata hanya karena kehendak-Nya.

"Siapapun boleh merasa sakit hati oleh seseorang, tapi Allah tak henti menilai ulah manusia. Allah mengetahui perbuatan salah maupun benar. Meskipun ada orang lain yang merasa sakit hati oleh suatu perbuatan hingga berdoa memohonkan balasan dari-Nya, belum tentu doa tersebut dikabulkanNya".

"Sakit hati beda dengan teraniaya", demikian tambahnya. "Sakit hati bisa terjadi kapan saja ketika harga diri seseorang yang kadang-kadang lebih mengedepankan egoismenya jadi terusik.
Berbeda dengan teraniaya. Teraniaya adalah kondisi dimana seseorang telah diperlakukan secara tidak semestinya oleh pihak lain dihadapkan pada norma-norma Allah yang erat terkait dengan perbuatan masing-masing".

"Sebagai contoh, seorang pejabat dan keluarganya wajar sekali merasa sakit hati kepada seseorang yang telah membongkar kebusukannya sehingga ia betul-betul sengsara menanggung hukuman berat yang dijatuhkan padanya".

"Sakit hati yang dirasakan mereka, sama sekali tidak identik dengan aniaya, bahkan sebaliknya justru dia sendiri yang telah menganiaya diri dan seluruh keluarganya melalui perbuatan tersebut".

Kita semua, seyogianya meneladani sikap dan doa Nabi Adam saat terusir dari surga. Beliau bahkan sama sekali tidak menyalahkan Dajjal (yang dengan sengaja menggoda untuk mencelakakan beliau), terlebih lagi kepada Hawa. Beliau justru merasa bersalah dan mengakui telah berbuat aniaya terhadap
dirinya sendiri sehingga beliau dan Hawa terusir dari surga".

"Sehubungan dengan itu, siapapun boleh saja merasa sakit hati pada seseorang, meski sesungguhnya belum tentu orang tersebut telah berbuat aniaya padanya. Oleh sebab itu, jika muncul rasa "sakit hati" terhadap seseorang, seyogianya kita tidak serta merta menyalahkan apalagi memohon Allah untuk mengazabnya, karena tidak mustahil justru diri kita sendiri yang menjadi sumber dari segala penderitaan yang dialami".

Jadi jangan khawatir, "doa orang yang sakit hati, tidak sama dengan doa orang yang teraniaya".

Wallahualam..


~~~~~~~~~~~~~~
*KAB/Nn.
posted by Chaerani @ 11:48 PM  

1 Comments:
  • At 5:47 AM, Anonymous thuns said…

    teh... berhubung kesibukanku saat ini yg sangat2lah padat...
    mungkin shouthuns utk sementara blm bisa aku munculkan.
    karna server sebelumnya udah over, jadi memang rencananya mo aku pindahin server, cuman bukan dlm waktu dkt ini.

    tapi insya Allah aku akan hidupkan shouthuns kembali.
    tapi jgn sakit hati trus doain aku yg jelek2 ya teh :D hehehe...
    maaf ya teh atas ketidaknyamanan ini.
    doain aja secepatnya aku beresin sekalian mo aku upgrade ;)

     
Post a Comment
<< Home
 
 
about me

Greeny Chaerani
Name::Chaerani
From::jakarta, Indonesia
View my complete profile
loving n caring

Udah Lewat
Archives
Best Quotes
Shoutbox

Name :
Web URL :
Message :

.

Greeny Voices


Buttons 'n Banners

Get My Button
Greeny Chaerani
Code is Here

Subscribe Me
My 360 blog Greeny Chaerani
Blog Directory & Search engine Blogwise - blog directory

Cool Portal
Mau bikin E-Gold?Alat Transaksi online yg Aman
Blingo
  

Links
F.r.i.e.n.d.S

Affiliates



Who links to me?

IKLAN


Peduli Jogja & Jateng

Jogja Update


$1 For Palestine

DUKUNG RUU APP

© 2004 nununchaerani.blogspot.com

 

 

About Kampanye Damai Indonesia 2009 Kampanye Damai Pemilu Indonesia 2009 Pemilu Damai 2009