Thursday, January 10, 2008
~~~ KHASIAT TEH BAGI KESEHATAN ~~~
Hmm...
Lama saya tidak mengisi blog, dengan sebab satu dan lain hal yang harus dihadapi dan dijalani didalam mengarungi kehidupan di alam yang penuh dengan cobaan dan godaan serta perjuangan ini. Ada artikel menarik yang saya baca pada sebuah tabloid yg terbit di Ibukota tercinta, mengenai khasiat teh bagi kesehatan, dan kali ini saya hadirkan di sini bagi teman teman yang kebetulan belum sempat membacanya, semoga berguna untuk menambah pengetahuan kita semua.
Amin.



Semua teh berasal dari satu jenis pohon camellia Sinensis. Yang membedakannya adalah didaerah mana pohin itu hidup, waktu pemetikan, daun mana yang dipetik dan terutama bagaimana prosesnya.
Selama ini setidaknya dikenal 3 jenis teh, teh putih, hijau dan hitam. Perbedaan ketiganya terletak pada metode pemrosesan daun teh setelah dipetik.. Tiap jenisnya dijuluki ber-beda2 pula sesuai tempatnya diproduksi.

Teh yang benar benar baik umumnya berasal dari pucuk daun atau daun teh muda yang belum mekar. Untuk menghasilkan 1 pon (0,45 kg) teh berkualitas paling baik, diperlukan lebih dari 80.000 petikan.

Kandungan kimia pada daun teh : kafein 2-3%, thebromin, theofilin, tanin, xathine, adenine, minyak atsiri, kuersetin dan natural fluoride. Tanin mengandung zat epigallocatechin galat, yang mampu mencegah kanker lambung dan kerongkongan.
Setiap 100 gram daun teh mempunyai kalori 17 kj dan mengandung 75 - 80 % air, 25 % politenol, 20 % protein, 4 % karbohidrat, 2,5 - 4,5 % kafein, 27 % serat dan 6 % pektin.

Biji teh mengandung saponin yang beracun dan mengandung minyak. Kafein melancarkan proses pernapasan, perangsang kuat pada susunan saraf pusat dan aktivitas jantung. Theofilin mempunyai efek diuretik kuat menstimulasi kerja jantung dan dan melebarkan pembuluh darah koroner. Theobromin terutama mempengaruhi otot.

Dari hasil penelitian, flavonoid yang merupakan antioksidan politenol pada teh mampu memperkuat dinding sel darah merah dan mengatur permeabilitasnya, mengurangi kecenderungan trombosis dan atherosklerosis di pembuluh darah yang selanjutnya akan mengurangi risiko kematian akibat jantung koroner.

Berdasarkan hasil penelitian Dr. Sirving O Keli dari Lembaga Perlindungan Kesehatan Masyarakat dan lingkungan Belanda, meminum teh sebaiknya minimal 4,7 cangkir per hari. Dengan cara ini peminumnya akan tetap bugar dan terhindar dari gangguan jantung dan kanker.
Dengan kemampuan antibakterinya, teh juga membantu menghambat infeksi tenggorokan.
Penelitan juga menunjukan, meminum teh akan memperbaiki konsentrasi, ketajaman perhatian dan kemampuan memecahkan masalah.

Lebih dari itu, teh bisa juga dipergunakan sebagai obat luar untuk beberapa obat penyakit.
Di China, misalnya, teh hijau digunakan sebagai obat rumah untuk menyembuhkan luka dan mencegah penyakit kulit pada kaki karena kutu air.


*Nn.
posted by Chaerani @ 7:17 AM  

0 Comments:
Post a Comment
<< Home
 
 
about me

Greeny Chaerani
Name::Chaerani
From::jakarta, Indonesia
View my complete profile
loving n caring

Udah Lewat
Archives
Best Quotes
Shoutbox

Name :
Web URL :
Message :

.

Greeny Voices


Buttons 'n Banners

Get My Button
Greeny Chaerani
Code is Here

Subscribe Me
My 360 blog Greeny Chaerani
Blog Directory & Search engine Blogwise - blog directory

Cool Portal
Mau bikin E-Gold?Alat Transaksi online yg Aman
Blingo
  

Links
F.r.i.e.n.d.S

Affiliates



Who links to me?

IKLAN


Peduli Jogja & Jateng

Jogja Update


$1 For Palestine

DUKUNG RUU APP

© 2004 nununchaerani.blogspot.com

 

 

About Kampanye Damai Indonesia 2009 Kampanye Damai Pemilu Indonesia 2009 Pemilu Damai 2009