Sunday, January 13, 2008
~~ T O T A L W A R ~~
Assalamualaikum Wr Wb,

Dear all,

Beberapa minggu yang lalu, saya mengikuti seminar marketing disebuah hotel. Seminar 2 hari yang melibatkan 8 pembicara dengan 8 topik yang berbeda. Tapi ujung-ujungnya memang tidak jauh dari dunia marketing. Seru juga, soalnya dari 8 pembicara sering ada teori-teori yang bertabrakan satu sama lain. Hasilnya? Agak-agak pusing malah. Hehehe..

Bayangkan, dipagi hari, saya mendapatkan teori yang mengatakan program discount/ potongan harga adalah suatu strategi yang salah. Karena hal itu justru membuat customer menjadi tidak loyal. Siangnya saya dapat teori yang mengatakan program discount masih cukup efektif..
Ada lagi yang bilang, blue ocean strategi (usaha dengan tenang di bidang yang masih baru sama sekali, sehingga tidak ada pesaing) adalah solusi untuk menjadi sukses di masa sekarang. Jangan di red ocean, yang berarti laut merah yang penuh dengan darah (persaingan). Tapi ada yang bilang, lebih bagus purple ocean alias laut ungu. Mengapa? Karena melakukan usaha di blue ocean tanpa pesaing sama sekali justru tidak akan optimal.

Mau bukti? Jelly Drink adalah jenis usaha blue ocean strategy, dan tidak ada pesaing. Tapi malah produk tersebut kurang laku. Soalnya masyarakat kurang familiar dengan produk tersebut. Sementara itu, mau bukti tentang purple ocean? Alias ada pesaing? Lihat produk minuman Green Tea. Awalnya, mungkin orang belum familiar dengan green tea dan merasa belum perlu. Tapi kemudian beberapa produsen lain membuat minuman yang sama. Akhirnya pasarpun menjadi ramai dengan produk Green Tea. Hasilnya timbul suatu kebutuhan di masyarakat akan produk tersebut. Terbentuklah suatu market.

Kesimpulan dari purple ocean strategy, biarkan musuh tetap ada, biarkan pesaing tetap ada, tapi jadikan mereka menderita.
Ups!
Terlihat kejam ya?
Oke, kita ganti kalimatnya, biarkan pesaing ada tapi jadikan kita tetap yang terbaik. Hehe..
Nah, jadi pilih Blue Ocean atau Purple Ocean?


~~~~ b e r s a m b u n g ...

*Nn/Ra
posted by Chaerani @ 10:02 AM  

0 Comments:
Post a Comment
<< Home
 
 
about me

Greeny Chaerani
Name::Chaerani
From::jakarta, Indonesia
View my complete profile
loving n caring

Udah Lewat
Archives
Best Quotes
Shoutbox

Name :
Web URL :
Message :

.

Greeny Voices


Buttons 'n Banners

Get My Button
Greeny Chaerani
Code is Here

Subscribe Me
My 360 blog Greeny Chaerani
Blog Directory & Search engine Blogwise - blog directory

Cool Portal
Mau bikin E-Gold?Alat Transaksi online yg Aman
Blingo
  

Links
F.r.i.e.n.d.S

Affiliates



Who links to me?

IKLAN


Peduli Jogja & Jateng

Jogja Update


$1 For Palestine

DUKUNG RUU APP

© 2004 nununchaerani.blogspot.com

 

 

About Kampanye Damai Indonesia 2009 Kampanye Damai Pemilu Indonesia 2009 Pemilu Damai 2009